Monday, November 14, 2005

Pernyataan Ir. Soekarno Tentang Ahmadiyya Muslim

Berikut beberapa petikan pernyataan Bung Karno dari kliping koran Kompas terkait pernyataannya terhadap JAI pada tahun 1966.

Adjaran Pemimpin Besar Revolusi Bung Karno

KOMPAS - Senin, 09 May 1966 Halaman: 3 Penulis: - Ukuran: 369

---------------------------------

DARI Persatuan Islam Bandung saja banjak mendapat penerangan: terutama persoonnja tuan A. Hassan sangat membantu penerangan bagi saja itu. Kepada tuan Hassan dan Persatuan Islam saja disini mengutjapkan saja punja terima kasih, beribu2 terima kasih. Saja tidak pertjaja bahwa Mirza Gulam Ahmad seorang nabi dan belum pertjaja pula bahwa ia seorang moedjaddid.

KOMPAS - Selasa, 10 May 1966 Halaman: 3 Penulis: - Ukuran: 371

---------------------------------

KALAU umpamanja saja mesti menjebutkan tjatat "Persatuan Islam", maka saja akan katakan: "Persatuan Islam" itu ada mempunjai neiging (tjenderung) kepada sektarisme. Alangkah baiknja kalau "Persatuan Islam" bisa mengenjahkan neiging jang kurang baik ini, kalau memang benar ada neiging itu. Islam adalah satu agama jg. luas jang menudju kepada persatuan manusia.
KOMPAS - Kamis, 23 Jun 1966 Halaman: 3 Penulis: - Ukuran: 310

---------------------------------

LAIN sekali dgn. metode pergerakan jang kedua, jakni pergerakan Ahmadijah. Ahmadijah tidak pertjaja bahwa bisa ada perdamaian antara salah dan benar. Bukan reconciliationlah ia punja sembojan, ia punja sembojan ialah reinterpretasi. "Interpretasi jang dulu adalah salah, marilah kita buang interpretasi

...

No comments: