Monday, November 14, 2005

Lecehkan MUI, FUUI Protes Acara di Metro TV

Lecehkan MUI, FUUI Protes Acara di Metro TV
Ahmad Dani - detikcom

Jakarta - Tayangan acara Today's Dialogue di Metro TV bertemakan 'Mencari Islam yang Benar' menuai protes dari kalangan Forum Ulama Ummat Indonesia (FUUI) karena dinilai telah melecehkan umat Islam.

"Saya merasa terhina bukan karena hanya MUI dihina tetapi karena mereka telah melecehkan Firman-firman Allah SWT, yang berarti telah melecehkan Allah SWT," kata Ketua FUUI KH 'Athian Ali M Da'i dalam rillis yang diterima detikcom Minggu (13/11/2005).

Dalam acara tersebut mantan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan Pakar Komunikasi Jalaluddin Rakhmat (Kang Jalal) tampil sebagai nara sumber selain Budayawan Emha Ainun Najib (Cak Nun) dan Vokalis band Dewa Ahmad Dani.

Di dalam acara dialog tersebut dikatakan beberapa pernyataan yang melecehkan umat Islam dan MUI. Diantaranya dari Cak Nun yang mengatakan MUI bukan kumpulan ulama Islam, tapi hanya kumpulan ahli fiqih. Hal senada juga diungkapakan oleh Gus Dur dan Kang Jalal.

Menanggapi hal ini, Sekretaris Komisi Fatwa MUI Aminuddin Yaqub menyatakan tidak akan tinggal diam. "Jika kita diam berarti menumbuhsuburkan arogansi di negeri ini," tegas Aminuddin.

FUUI juga menyerukan, kepada umat Islam untuk merapatkan barisan dan bersiap untuk menghadapi segala kemungkinan sebagai dampak aksi pelecehan itu.

FUUI juga menyayangkan, penayangan acara tersebut justru disaat hari Iedul Fitri. Padahal dihari tersebut sebagai hari yang damai untuk saling bermaafan.

"Apakah penayangan acara tersebut tidak melanggar delik pidana mengenai penghinaan dan pelecehan di muka umum?," tanya Sekretaris Komisi Fatwa MUI Hedi Muhammad. (ahm)

No comments: