Saturday, November 12, 2005

Maskot Olimpiade Beijing 2008 Di-Launching



http://www.detiksport.com/sportlain/index.php?fa=home.read&tahun=2005&bulan=11&tgl=12&time=21613&idnews=476813&idkanal=82

Sabtu, 12/11/2005 02:16 WIB
Maskot Olimpiade Beijing 2008 Di-Launching
Mohammad Yanuar Firdaus - detikSport



Jakarta - Penyelenggaraan Olimpiade Beijing 2008 masih harus menunggu tiga tahun lagi, namun maskot untuk pesta olahraga se-dunia itu sudah diketahui. Jumlah maskotnya pun berjumlah lima buah.

Kelima maskot tersebut adalah sebuah panda, kijang bertanduk, ikan, burung walet dan api olimpiade. Tiap tokoh memiliki warna yang sama dengan lambang lingkaran olimpiade. Maskot ini memiliki arti yaitu lima persahabatan.

"Lima persahabatan ini merupakan keluarga kecil yang luar biasa yang dipilih penuh pertimbangan oleh penyelenggara Beijing 2008 untuk mewakili Cina membawa pesan persahabatan kepada seluruh anak di dunia," ungkap Pesiden IOC Jacques Rogge seperti dilansir Associated Press, Sabtu (12/11/2005).

Kelima maskot ini juga memiliki nama/julukan. Mereka adalah Bei Bei untuk si ikan, Jing Jing untuk panda, Huan Huan untuk api olimpiade, Ying Ying untuk rusa bertanduk dan yang terakhir adalah Ni Ni untuk si burung walet. Bila kelima nama tersebut digabung maka terbentuk suatu kalimat penyambutan berbunyi Beijing Welcomes You (Beijing Menyambutmu).

Acara launching ini sendiri dilangsungkan di Beijing Workers Stadium pada hari ini dan ditayangkan langsung oleh stasiun televisi nasional Cina, sekaligus dimulainya hitungan mundur 1000 hari menjelang penyelenggaraan. Selain untuk memperkenalkan kepada publik, tayangan ini juga sekaligus merupakan marketing bisnis pihak penyelenggara Olimpiade Beijing 2008.

Pihak penyelenggara berusaha untuk mengumpulkan keuntungan melalui penjualan souvenir serta pernak-pernik dengan gambar maskot didalamnya. Hal ini merupakana usaha pihak penyelenggara untuk memecahkan rekor pemasukan tertinggi dalam penyelenggaraan Olimpiade dunia.


Keterangan Foto: Maskot Olimpiade Beijing 2008, dari kiri: Bei Bei (ikan), Jing Jing (panda), Huan Huan (api olimpiade), Ying Ying (rusa bertanduk) dan Ni Ni (burung walet). (AFP/Greg Baker).
(ian)

No comments: