Saturday, November 12, 2005

Davenport No. 1 Untuk Keempat Kalinya


Jumat, 11/11/2005 22:32 WIB
Tenis WTA Championships
Davenport No. 1 Untuk Keempat Kalinya
Mohammad Yanuar Firdaus - detikSport



Jakarta - Lindsay Davenport lagi-lagi mengukir prestasi sensasional dalam karirnya. Atlet putri Amerika Serikat ini menduduki posisi puncak peringkat tenis WTA untuk keempat kalinya.

Catatan ini merupakan ulangan prestasi yang diukir Davenport pada tahun 1998, 2001 dan 2004 lalu. Sayangnya koleksi tropi grand slam-nya tidak bertambah pada tahun ini.

Keberhasilan petenis berusia 29 tahun ini menduduki posisi puncak tidak terlepas dari keberhasilannya menembus babak semifinal WTA Tour Championships, meskipun kalah dari Maria Sharapova dalam sistem round-robin.

Kegagalan rival terberat Davenport, Kim Clijsters, juga menjadi faktor keberhasilannya bercokol di peringkat satu pada dua tahun berturut-turut.

Hal ini tentunya disyukuri Davenport, yang tidak pernah menyangka bakal mengulang prestasinya tahun lalu itu. "Saya tidak pernah mengira pada tahun lalu bahwa saya bisa melakukannya lagi," ungkapnya seperti dilansir AFP, Jumat (11/11/2005).

Sementara bagi Clijsters, kondisi ini tidak membuatnya patah arang. Menurut petenis asal Belgia tersebut, berada di dunia ini sudah merupakan prestasi yang membanggakan karena ia merasa memperoleh banyak pelajaran.

"Saya telah memainkan banyak pertandingan dan turnamen. Dan saya juga banyak bepergian. Dan juga sejak AS Terbuka, semua perhatian tidak hanya tercurah pada tenis saja, masih ada yang lainnya lagi," ujar Clijsters.

Apa itu? "Bahwa istirahat adalah sama pentingnya dengan bermain," jawabnya lagi.

Bisa jadi faktor inilah yang menjadi kunci sukses Clijsters selama ini. Terpuruk dan berada diluar peringkat 100 besar di musim lalu, namun bisa menembus peringkat dua di tahun ini dengan koleksi sembilan gelar turnamen WTA, termasuk diantaranya adalah gelar AS Terbuka.


Foto: Lindsay Davenport (WTAtour.com)
(ian)

No comments: