Tuesday, November 15, 2005

Kisah Horor Untuk Anak-anak

Date: Sat, 12 Nov 2005 08:25:05 -0800 (PST)
From: Glory Gracia Christabelle
Subject: Re: kisah horor untuk anak-anak

Wah , saya juga penggermar cerita horror. Saya juga begitu waktu kecil, lahap aja semuanya. Yah, justru itu Mas, jadi curhat nih, dulu waktu masih pemula banget, saya tuh cuek aja, bablas abis, mau nulis ya nulis aja. Ide ngalir kayak air. Diterima sukur, ga ya udah. Terbukti ga ada cerita horor saya yang diterima di bobo (hahahaha terlalu serem kali). Jadilah saya penulis dongeng. Tapi setelah agak lama, terus mulai terkontaminasi dengan masukan orang-orang dewasa tentang dunia anak harusnya begini begitu dan juga masukan dari buku-buku teks, ideku jadi macet bahkan susah sekali keluar. Aku jadi sulit berimajinasi dan tema-temanya jadi mirip satu sama lain, karena aku tanpa sadar menulis dengan mencari tema 'aman' dan terlalu banyak batasan. Kadang yang membatasi juga pemikiran kalau anak zaman sekarang sukanya apa ya? Orang tua sukanya apa ya? Jangan2 nggak mau beli lagi?
Aduh, macet. Padahal sebagai anak, saya juga suka cerita misteri, bahkan kumpulan cerita hantu saya baca,
(maaf) komik zaman dulu tentang petruk gareng ketemu sundel bolong aja sempat saya baca. Itulah, saya merasa sejak menjadi lebih dewasa dan mendengarkan perkataan orang dewasa lain, yang saya pikir bisa jadi ide, malah imajinasi saya makin susah keluar. Mungkin sebaiknya kalau mau menulis anak, bergaul saja dengan anak-anak dan dengarkan apa mau mereka. Mungkin kenikmatan mereka membaca jauh lebih penting daripada kekhawatiran orang tua. Tapi kalo sudah berhadapan dengan penerbit, lagi2 ketemu orang dewasa yang punya banyak batasan. Ya, ampun.... kalau begini terus lama2 cerita anak genrenya ga berkembang deh. Hik, padahal ada cerita yang keren meski serem. Eva Ibottson juga banyak bertema hantu dan monster kan? Darren Shan
juga meski tentang vampir tapi sangat menyentuh. Terus RL Stine sih ga usah dibilang lagi. Bejibun, dari yang keren sampe yang ga keren. Tapi kalo produk lokal ada yang mau terima ga ya? Kalo ada bakalan aku bikin nih hehehehehehe

Hege Lood wrote:
Saya mengenal, jatuh cinta dan merinding untuk pertama kalinya akan kisah-kisah
horor saat menginjak kelas empat SD. Sejak saat itu saya membaca cukup banyak
cerita horor terjemahan terutama karya-karya R.L. Stine. kisah-kisah itu menghantui
sampai saya menginjak bangku SMA, nyaris semua cerpen yang saya tulis dipenuhi
kisah-kisah hantu nyeleneh karenanya.

Saya melihat kisah-kisah hantu atau misteri tidak selamanya buruk bagi perkembangan
anak. Kisah misteri merangsang kreatifitas berpikir . ikut hanyut dalam cerita dan
penasaran akan apa yang terjadi di halaman berikutnya adalah proses yang
menyenangkan. anak-anak menyukai hal seperti itu.

sebagian karya R.L. Stine memang dilarang di beberapa perpustakaan sekolah di
Amerika, tapi terbukti buku-buku karya beliau seperti serial goosebumps yang
fenomenal, fearstreet, the nightmare room dan sebagainya terjual sampai berjuta-
juta copy, apa arti semua ini? anak-anak menyukainya, itu saja, cukup. masa bodoh
akan para orang tua sok kritis dan sok tahu.

Akan tetapi memang tidak semua kisah horor bisa dibaca anak-anak, cerita yang
terlalu gelap, dipenuhi ajaran-ajaran sesat, anjuran negatif yang memprovokasi, dan
yang menunjukkan atau membeberkan hal-hal sadis serta kanibalisme tentu saja harus
dihindari. Kisah horor bisa berdampak buruk kalau kita tidak hati-hati dalam
memilihkan bacaan seperti itu pada anak-anak. yah paling tidak harus disesuaikan
dengan umur dan kebutuhan mereka.

tapi ngomong-ngomong, saya sendiri tak peduli akan hal itu, ketika anak-anak, saya
melahap buku apa saja, orang tua saya tidak pernah tahu bacaan saya seperti apa,
karena mereka bukan tipe orang-orang yang menyukai buku. Saya cenderung membaca
novel horor ketimbang genre cerita lainnya, tapi kalau kebetulan saya melancong ke
rumah bibi atau teman, lalu menemukan buku-buku apapun, majalah dan koran di atas
meja atau rak mereka, maka saya akan membacanya.

salam,
I.B.G. Wiraga

No comments: