Saturday, November 12, 2005

Level II, Warga Sekitar Gunung Merapi (Sumbar) Diminta Waspada

http://jkt2.detiknews.com/indexfr.php?url=http://jkt2.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2005/bulan/11/tgl/12/time/1048/idnews/476809/idkanal/10

Yonda Sisko - detikNews

Padang - Badan Vulkanologi dan Mitigasi Gunung Api Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), meminta warga di sekitar Gunung Merapi meningkatkan kewaspadaan terhadap aktivitas gunung berketinggian 2989 meter di atas permukaan laut tersebut.

Pasalnya, sepanjang November, Gunung Merapi yang kini berada pada status waspada atau level II sudah meletus dan mengeluarkan material berupa asap dan debu vulkanik sebanyak 98 kali.

Imbauan tersebut disampaikan kepala Badan Vulkanologi dan Mitigasi Gunung Api Bukittinggi, Munir, ketika dihubungi detikcom via ponselnya, Jumat (11/11/2005). "Sejauh ini warga hanya dihimbau untuk waspada dan belum perlu mengungsi. Warga dihimbau untuk tidak terlalu cemas," ujarnya.

Dikatakan Munir, meski kemungkinan terjadinya letusan yang lebih besar belum dapat dipastikan, pihaknya tetap mengingatkan agar warga yang tinggal di sekitar Gunung Merapi tidak lengah dan terus memantau aktivitas gunung yang terletak di perbatasan Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar tersebut.

"Sepanjang Oktober, Merapi meletus sebanyak 420 kali, menghembuskan debu vulkanik sebanyak 88 kali, aktivitas vulkanik A 13 kali, dan aktivitas vulkanik B 133 kali. Sementara, sepanjang November telah terjadi sebanyak 98 kali letusan, aktivitas vulkanik A 1 kali dan vulakanik B 21 kali," terangnya.

Sementara itu, sejumlah warga yang bermukim di sekitar gunung Merapi, ketika dihubungi detikcom mengaku masih beraktifitas seperti biasa dan tidak cemas dengan aktivitas gunung tersebut.

"Aktivitas Merapi yang mengeluarkan asap seperti sekarang sudah menjadi pemandangan biasa bagi kami. Hal seperti itu, hampir selalu terlihat setiap hari," ujar Zulherman, warga dusun Aia Angek yang terletak tepat di kaki gunung Merapi.(gtp)

No comments: