Tuesday, November 15, 2005

Anak-anak Korban Mudik

Date: Sat, 12 Nov 2005 06:07:34 -0000
From: "benny rhamdani"
Subject: anak-anak korban mudik ....

Hi,
Tremans, saya mau berbagai pandangan dikit nih. Berdasarkan pengamatan dan pengalaman selama lebaran kemaren, saya melihat banyak anaka-anak jadi 'korban' ritual mudik.
Di jalan, saya melihat anak-anak (bahkan balita)dibondeng motor oleh orangtuanya dalam keadaan sangat tidak nyaman. Ada yang tergencet. Bahkan angin menerpa badannya dengan keras. Di kereta api saya juga melihat anak-anak sangat diperlakukan tidak semena-mena.Sangat menydihkan.Mungkinkah, demi suatu ritual, kita membiarkan anak-anak itu? Saya sendiri sempat melihat kondisi anak saya Akhtar yang baru saja sembuh campak. Harus ikut tradisi mudik. Sebenarnya saya ingin menghindar. Tapi apa daya. Bahkan orang-orang
yang mengerti tentang kesehatan pun tak menasehati ibunya sama sekali. Sehingga suara saya yang cuma satu, tak berarti apa-apa. Sampai saat ini Akhtar masih panas. Mungkin kecapekan ... terus dibawa jalan-jalan hampir seminggu kemarin (meski pakai mobil). saya sendiri merasa ambruk. Gimana anak kecil itu ya?
Semoga tahun depan kondisi mudik tidak lagi seperti yang saya lihat kemaren. Saya sedih banget lho melihat anak-anak itu ... yang memaksakan diri mengikuti ritual orangtuanya. Tanpa memikirkan kesehatan dan kenyamanan mereka.

salam,
benny rhamdani

No comments: