Friday, October 28, 2005

Persaingan Produk Indonesia

Date: Wed, 12 Oct 2005 10:38:07 +0700
From: "Guntar Sagala"
Subject: Persaingan product Indonesia


Persaingan Product Indonesia dengan produk luar negeri saat ini hampir dapat kita pastikan sama saja. Bicara soal harga tidak selamanya produk luar lebih mahal di banding dengan produk lokal dan sebaliknya. Contoh:

Belakangan ini orang USA lebih suka menginfestasikan modal/memproduksi sepatu merek terkenal di Indonesia ke timbang di negara lain. Sementara harga sepatu tersebut, tidak mengenal dari negara mana di produksi (sesuai harga pasar). Kalau sudah case seperti ini mungkin akan kebalikan dari produk2 china tadi. Bila kita lihat lebih jauh faktor2 yang memberikan kontribusi dalam sebuah harga = Biaya Material + over head + Quality.

Dalam hal ini coba kita berandai-andai, bila semua negara memproduksi barang "X" dengan biaya material yang sama, over head yang sama, tentu sasaran akhir yang terkadang kita lupakan adalah harga sebuah "quality". Beberapa perusahaan besar justru investasi/cost untuk Quality yang sering di sebut Quality Ansurance (QA) hampir mencapai 15% dari biaya produksi. Adapun beberapa biaya Quality yang kita tidak sadari sbb: Iklan ( untuk meyakinkan akan qualitas/performance barang ), Biaya rework/re-process, biaya karena produksi terlambat dimana barang yang di kirim harus mengunakan pesawat terbang karena keterlambatan akibat quality jelek, kesalahan kemasan/package yang membuat orang kurang suka akan produk tsb,dll. Pada intinya konsumen akan lebih tertarik kepada barang yang qualitas bagus, tepat waktu & kemasan yang menarik. Semoga bermanfaat buat semua.

salam,
Guntar Sagala

No comments: