Monday, October 17, 2005

Pendahuluan [Islam response to contemporary issues]

PENGANTAR

SETELAH MENGUCAP salam dan membaca Alquran Surah Al-Fatihah, Pemimpin Jemaat Ahmadiyah berucap:

Yang terhormat, Tuan Edward Mortimer serta para tamu undangan.

Izinkan saya mengungkapkan rasa terima kasih saya kepada para tamu yang hadir. Begitu pula, apa yang saya sampaikan hari ini merupakan tantangan berat bagi saya. Materi bahasan kali ini sangat luasnya. Sehingga, memerlukan perhatian yang khusus dari saya.

Izinkan saya memulainya dengan mengajukan pertanyaan dasar: Apa yang menjadi tantangan dunia modern saat ini? Dan, apa yang ditawarkan agama dalam hal ini? Ini adalah pertanyaan yang sangat mendasar.


Keniscayaan Perdamaian

Kenyataan yang dihadapi dunia saat ini adalah keniscayaan perdamaian. Saat ini, manusia mencapai standar yang tinggi dalam lapangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam lapangan apapun, kemajuan yang teramat pesat terjadi. Tidak diragukan lagi, kemajuan ini memberikan efek yang menakjubkan bagi perkembangan masyarakat.

Kebanyakan masyarakat yang tinggal di negara dunia pertama dan dunia kedua mendapat manfaat besar dari kemajuan ini. Namun demikian, negara Dunia Ketiga mendapat kemajuan dalam beberapa segi. Pengaruh kemajuan itu merambah ke pelosok dunia.
Meski demikian, manusia tidak merasakan ketentraman sejati akibat kemajuan itu. Membesarnya rasa ketakutan, kecurigaan dan ketidakpuasan, diturunkan dari generasi ke generasi.

Ada beberapa elemen penting yang menantang keadaan alami masyarakat. Sehingga, membuahkan ketidakpuasan akan kejadian masa lampau dan ketidakpastian masa depan. Perasaan ini melingkupi dan merasuk ke kalangan muda usia di masyarakat manapun di dunia ini. Singkatnya, manusia mencari kedamaian sejati.


Sumbangsih Islam pada Perdamaian Dunia

Kata “Islam” sendiri berarti damai. Ini adalah kata dasar yang tunggal. Seluruh ajaran Islam dan pandangan-pandangannya sangat indah dan terkemas rapi dalam memancarkan arti tersebut (bahwa Islam adalah agama damai). Ajarannya memberikan jaminan kepada lingkup human interest dan aspirasinya.

Untuk ceramah kali ini, saya akan mengkategorikan dalam beberapa bidang yang mana dunia memerlukan petunjuk untuk mencapainya.

1) Kerukunan Antar Umat Beragama
2) Perdamaian Secara Umum
3) Keamanan Sosio-ekonomi
4) Kedamaian Ekonomi
5) Kedamaian Nasional dan Internasional
6) Kedamaian Individual

-------oooOooo-------

No comments: