Saturday, October 29, 2005

Berharap pada Menjadi-Sisa-Konflik-Horisontal?

Apa "iya" beliau mengatakan demikian? Bagaimana penanganan para Anti Ahmadiyah yang mengultimatum Pemerintah sebelum Idul Fitri berkenaan dengan rencana anarkis mereka menyerang Jemaat Ahmadiyah di Indonesia?

---------------------------

Sabtu, 29/10/2005 14:09 WIB
SBY: Insiden Poso Boleh Jadi Sisa Konflik Horizontal
Insiden mengerikan di Poso pada Sabtu pagi besar kemungkinan merupakan sisa dari konflik horizontal di daerah itu yang meledak sejak 5 tahun lalu.



SBY: Insiden Poso Boleh Jadi Sisa Konflik Horizontal
Luhur Hertanto - detikcom

Jakarta - Insiden mengerikan di Poso pada Sabtu (29/10/2005) pagi besar kemungkinan merupakan sisa dari konflik horizontal di daerah itu yang meledak sejak 5 tahun lalu.

"Sangat boleh jadi sisa konflik horizontal yang pernah terjadi beberapa tahun lalu. Meski situasinya semakin pulih, tetap ada kelompok-kelompok yang ingin memelihara konflik untuk kepentingan mereka sendiri," ungkap SBY usai memimpin rapat terbatas bidang polkam di Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur, Sabtu siang.

Setelah mendengar insiden pemenggalan tiga siswi SMU di Poso, SBY langsung memimpin rapat terbatas mendadak. "Rapat terbatas ini untuk menemukan akar masalah kenapa masih terjadi lagi aksi demikian di Poso, yang menurut penilaian pemerintah, situasinya makin kondusif," papar pensiunan jenderal bintang empat ini.

SBY juga menjelaskan, Badan Intelijen Negara (BIN) akan melakukan langkah-langkah untuk mengenali dari sisi mana kekerasan ini dilakukan. "Penahanan terhadap seseorang mungkin terkait, mungkin tidak. Ini yang dilakukan BIN secepatnya," tegasnya.

SBY juga menegaskan bahwa insiden itu belum ada indikasi terkait dengan kasus ajaran Mahdi. (nrl)

No comments: