Friday, October 28, 2005

[Diskusi] Kompetesi Coca Cola vs Sosro

--- sony rachmadi wrote:

dear all

kalo menurut saya sebenarnya cocacola mencoba untuk melakukan portofolio brand (fresh tea yg Vs Sosro dan Ades Vs Aqua)akibat peningkatan penjualannya yg sudah tidak fenomenal lagi....itupun bukan langkah keliru karena perusahaan manapun akan melakukan langkah yg sama untuk mendongkrak incomenya. cuma yg saya ngga habis pikir upaya penyegaran yg dilakukan cocacola pada brand Fanta. memang ini membawa hasil dalam meningkatkan penjualannya (namun entah sampe kapan)...namun apakah tidak sangat beresiko...soalnya kita sama2 tau perusahaan sejenis cocacola harus berinvestasi banyak dalam penyediaan botol yg sejauh yg saya tau rasio ketersediaan botolnya minimal 1:3. artinya untuk penjualan satu botol dia harus punya 3 botol untuk dalam kulkas di toko-toko, cadangan dan distribusi(yg sudah terisi). Padahal bentuk botol fanta sekarang berubah dalam rangka penyegaran.....investasi banyak tuh....(coba bandingkan dgn yg dilakukan sosro tanpa harus merubah bentuk botolnya dari mulai berdiri sampai sekarang).

Saya hanya berandai-andai apakah tidak lebih baik cocacola dalam melakukan penyegaran kemasan menggunakan "pack" saja seperti yg dilakukan sosro (aneh yah fanta dalam kotak ..kekkeke). paling tidak ini tidak perlu keluar duit guede. Pastinya cocacola punya sejumlah amunisi dan strategi dalam bersaing yg pasti menarik untuk kita dicermati.........

regards
sony


--- ssalindeho wrote:

Menurut saya gebrakan yang dilakukan oleh cocacola bukanlah hal yang tidak masuk akal. Memang kalau ditinjau dari sudut pengalaman dan branding strategy akan susah kalau mau menyaingi sosro tetapi bukannya tidak mungkin hal ini dilakukan untuk strategi lain yang ada dibelakangnya. Misal akusisi company atau "partnership" dalam segi "branding".


-----Original Message-----
From: Business-Management@yahoogroups.com
[mailto:Business-Management@yahoogroups.com] On Behalf Of Hendri Rizal
Sent: Thursday, September 15, 2005 5:05 PM
To: Business-Management@yahoogroups.com
Subject: RE: [Klub Bisnis & Manajemen] Kompetesi Coca Cola VS Sosro

Sebenernya sih coca cola salah langkah kalo untuk bertarung dengan Sosro, sebab masing-masing punya brand image yang berbeda satu sama lain. Coca Cola identik dengan softdrink Cola dan Sosro dengan Teh Botolnya. Jadi sampe kapanpun akan sulit untuk merubah citra itu.


-----Original Message-----
From: Business-Management@yahoogroups.com
[mailto:Business-Management@yahoogroups.com]On Behalf Of Vibriyanti
Sent: Thursday, September 15, 2005 4:09 PM
To: Business-Management@yahoogroups.com
Subject: RE: [Klub Bisnis & Manajemen] Kompetesi
Coca Cola VS Sosro

Melihat TVC Coca cola yang mengambil setting yg meniru sosro Sosro.. apapun mkanannya minumnya pasti teh botol Coca cola.. apapun suku anda coca cola mempersatukan rasa anda.

Banyak yg dilakukan oleh merk minuman internasional untuk menggerogoti Kue yang sudah lama dimakan oleh sosro.. contoh: Pepsi ngeluarin Teh Kita.. Lebih besar dan lebih nikmat.. produk ini ckp diterima oleh masyarakat krn Tipikal kita yg terbiasa dgn teh daripda softdrink... beda dgn pola minum orang Barat.. so, menurut saya coca cola akan sanagt ngos-ngosan ngejar sosro kalo tetap Nekat mo ngelawan dgn coke nya.. budget ATL & BTL nya harus besar.

Bagaimana?

Salam,
Vibri
New Comer :)

No comments: