Saturday, November 17, 2007

KARAKTERISTIK Orang-orang yang Beriman...




SARIPATI Khotbah Jumat Imam Jemaat Islam Ahmadiyah Sedunia Sayyidina Amirul Mukminin Hadhrat Mirza Masroor Ahmad Khalifatul Masih V atba.

KARAKTERISTIK Orang-orang yang Beriman...

“MEMILIKI Sifat Kesetiakawanan Sosial yang Tinggi dalam Membelanjakan Hartanya di Jalan Allah swt. Semata-mata Meraih Rida-Nya”

MORDEN, LB—Mengawali Khotbah Jumat minggu lalu (9/11) yang disiarkan live oleh MTA melalui satelit-satelitnya dari Mesjid Baitul Futuh Morden, Inggris, Hudhur (Hadhrat Khalifatul Masih V) atba. menilawatkan Alquran Karim Surah ke-9 [At-Taubah] ayat 71 (QS 9:71) yang kemudian menerangkan panjang lebar tentang tujuh karakteristik orang-orang yang beriman, baik yang laki-laki maupun perempuan. Orang-orang yang beriman adalah mereka yang satu sama lain saling bersahabat, yang menyuruh kepada kebaikan dan mencegah dari keburukan, yang mendirikan salat dan menunaikan zakat, serta menaati Allah swt. dan Rasul-Nya.

Dalam khotbah ini, Hudhur atba. menyinggung Realisasi dan Tahun Baru Perjanjian Dana Tahrik Jadid. Tahun Baru Perjanjian ini sudah dibuka sejak 1 November lalu. Terdapat janji Allah swt. bagi mereka yang membelanjakan hartanya di jalan Allah swt. yaitu dalam firman-Nya dalam QS [Al-Baqarah] 2: 273 bahwa kita sendirilah yang akan menuai manfaatnya. Dengan mengamalkannya, kita akan termasuk dalam orang-orang yang pribadinya tidak akan mengekploitir pihak lain dalam berbisnis.

Di dalam Jemaat Ahmadiyah, sabda Hudhur atba., merupakan para jemaah yang memiliki sifat kesetiakawanan sosial yang tinggi dalam membelanjakan hartanya di jalan Allah swt. semata-mata meraih rida-Nya. Itu semua karena mereka telah menghayati, memegang teguh dan mengamalkan ikrar baiat mereka kepada Hadhrat Masih Mau’ud a.s.. Mereka meyakini penuh akan janji Allah swt. tersebut.

Pembelanjaan harta di jalan Allah swt. menurut QS 2:275 yang Hudhur atba. kutip, harus disertai niat hati yang ikhlas, suci serta lurus.

Pada kesempatan Khotbah Jumat kali ini, sesuai tradisi, Hudhur atba. mengumumkan Realisasi Perjanjian Dana Tahrik Jadid Tahun Periode 2006-2007 dari berbagai Jemaat nasional di seluruh dunia. Dana yang telah terkumpul sebesar [lebih dari] 3,6 juta poundsterling Inggris.

Sebagai penyumbang terbesar dan menduduki peringkat pertama adalah dari Jemaat Ahmadiyah Pakistan. Kedua adalah Jemaat Amerika Serikat, ketiga Inggris, keempat Jerman, kelima Kanada, keenam Indonesia, ketujuh India, kedelapan Australia, kesembilan Belgia dan kesepuluh Mauritius. Sedangkan peringkat tertinggi penyumbang Dana Tahrik Jadid di benua Afrika adalah Jemaat Nigeria. Dan dari tahun periode 2006-2007 tersebut, lebih dari 16 ribu warga Ahmadi merupakan para Pejanji baru.

Khusus di Jemaat Nasional Inggris, Jemaat Lokal ‘Mesjid’ London berada di peringkat pertama, kemudian berturut-turut sebagai ‘Lima Besar’ yang diikuti Jemaat Worcester Park, Jemaat Bradford, Jemaat Scunthrope dan Jemaat Glasgow. Di Jemaat Amerika Serikat, ‘lima besar’ ditempati beberapa Jemaat Lokal, yaitu: Silicon Valley, Chicago West, North Virginoa, East Los Angeles dan Detroit. Pada intinya, Hudhur atba. mendoakan, semoga Allah swt. memberkati para Ahmadi Pejanji Dana Tahrik Jadid di seluruh dunia. Amin.

Kemudian, Hudhur atba. menceritakan derap kemajuan Jemaat di benua Afrika. Di sana, para mubalig dan mualim-nya bekerja keras memperkenalkan Sistem dan Perjanjian Dana Tahrik Jadid ke segenap masyarakat. Hudhur atba. berpesan, bahwa para Ahmadi yang baru bergabung atau baiat harus kita libatkan dalam dan jangan sampai mereka luput dari gerakan beberkat ini. Semoga setiap individu Jemaat memahami berkat-berkat yang ada dalam Tahrik Jadid ini. Amin.

Menjelang akhir khotbah, Hudhur atba. mengumumkan berita duka yang datang dari Jamiah (institusi pendidikan bagi para calon mubalig atau misionaris) di Markas Besar Jemaat Ahmadiyah di Rabwah, Pakistan. Yakni, tentang wafat dan syahidnya seorang mahasiswa Ahmadi Jemaat Sierra Leone di Jamiah bernama Yusuf Khalid Sahib disebabkan sakit hepatitis sejak 28 Oktober lalu, kemudian menghembuskan nafas terakhirnya Jumat, 2 November silam. Hudhur atba. menyampaikan rasa hormat beliau yang dalam atas keikhlasan dan semangat Almarhum kepada Jemaat.

Hudhur atba. berdoa, semoga Allah swt. terus menambah dan memberikan banyak misionaris Jemaat dalam meneladani Almarhum demi kemajuan benua Afrika di masa depan. Semoga Allah swt. memberikan ketabahan kepada keluarga yang Almarhum tinggalkan. Semoga Alah swt. meninggikan derajatnya berupa surga, dan menganugerahkannya berupa kedudukan di antara para Pecinta Tuhan. Innâ li'l-Lâhi wa innâ ilaihi râji’ûn[a].[] (Alislam.org/Rahmat Ali)

No comments: